WAKTU MUSTAJAB DI HARI JUM'AT
hari Jumat adalah saat-saat dikabulkannya doa, yaitu saat-saat terakhir setelah shalat ashar (seperti yang dijelaskan dalam banyak hadits) atau di antara duduknya imam di atas mimbar saat berkhutbah Jumat sampai Sholat selesai di laksanakan .
baca juga :
Keutamaan Hari Jum'at
Allah mengkhususkan hari Jumat ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari umat-umat terdahulu. Di dalamnya banyak
rahasia dan keutamaan yang datangnya langsung dari Allah.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ وَقَالَ بِيَدِهِ قُلْنَا يُقَلِّلُهَا يُزَهِّدُهَا
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Pada hari Jum'at terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya." Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata; 'Yaitu beliau menyempitkannya.''( HR Bukhori dan Muslim )
-------------
“عَنْ أَبِي بُرْدَةَ بْنِ أَبِي مُوسَى الأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: أنَّ عَبْدَ اللهِ بْنُ عُمَرَ قَالَ لَهُ: أَسَمِعْتَ أَبَاكَ يُحَدِّثُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَأْنِ سَاعَةِ الْجُمُعَةِ ؟ قَالَ : قُلْتُ نَعَمْ. سَمِعْتُهُ يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: هِيَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ.”
Dari Abu Burdah bin Abi Musa al-Asy’ari Radhiyallahu anhu bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu anhuma berkata padanya, “Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sehubungan dengan waktu ijaabah pada hari Jum’at?”Lalu Abu Burdah mengatakan, ‘Aku menjawab, ‘Ya, aku mendengar ayahku mengatakan bahwa, ‘Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.’”(HR Muslim)
Para ulama' salaf berbeda pendapat mengenai
waktu mustajab tsb, ada yg berpendapat bahwa waktu tsb adalah
setelah ashar sampai maghrib, ada yg berpendapat bahwa waktu tsb adalah
mulai dari keluarnya imam sampai selesai sholat,ada yang berpendapat mulai dari sholat di tegakkan sampai selesai,ada yg berpendapat mulai dari imam duduk di mimbar hingga selesai sholat ,waqila di akhir waktu hari jum'at,waqila ketika zawal,waqila mulai dari zawal sampai bayangan seukuran satu dziro',waqila mulai dari munculnya fajar sampai terbitnya matahari dan waqila disembunyikan waktunya pada hari tsb sebagaimana lailatul qodr.
menurut
Imam Nawawi, pendapat yang benar adalah waktu antara
duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.
wallohu a'lam.
- kitab syarah nawawi ala muslim
قوله : ( إلى أن تقضى الصلاة ) هو بالتاء المثناة فوق المضمومة ، قال القاضي : اختلف السلف في وقت هذه الساعة وفي معنى ( قائم يصلي ) ، فقال بعضهم : هي من بعد العصر إلى الغروب ، قالوا : ومعنى يصلي يدعو ، ومعنى ( قائم ) : ملازم ومواظب كقوله تعالى : ما دمت عليه قائما وقال آخرون : هي من حين خروج الإمام إلى فراغ الصلاة ، وقال آخرون : من حين تقام الصلاة حتى يفرغ ، والصلاة عندهم على ظاهرها ، وقيل : من حين يجلس الإمام على المنبر حتى يفرغ من الصلاة ، وقيل : آخر ساعة من يوم الجمعة .
قال القاضي : وقد رويت عن النبي - صلى الله عليه وسلم - في كل هذا آثار مفسرة لهذه الأقوال ، قال : وقيل : عند الزوال ، وقيل : من الزوال إلى أن يصير الظل نحو ذراع ، وقيل : هي مخفية في اليوم كله كليلة القدر . وقيل : من طلوع الفجر إلى طلوع الشمس .
قال القاضي : وليس معنى هذه الأقوال أن هذا كله وقت لها بل معناه أنها تكون في أثناء ذلك الوقت لقوله : ( وأشار بيده يقللها ) هذا كلام القاضي . والصحيح بل الصواب ما رواه مسلم من حديث أبي موسى عن النبي - صلى الله عليه وسلم - أنها ما بين أن يجلس الإمام إلى أن تقضى الصلاة .